Cara Menghilangkan Batuk Berdahak dengan Bahan Herbal

Cara menghilangkan batuk berdahak

KesehatanIndonesia.com – Hampir semua orang pernah terserang batuk. Penyakit yang umum terjadi tersebut biasanya memiliki gejala rasa gatal di bagian tenggorokan. Tidak sedikit pula yang dibarengi dengan adanya lendir atau dahak. Cara menghilangkan batuk berdahak bisa dilakukan dengan obat dokter atau alternatif lain seperti obat herbal. Ada banyak bahan herbal yang bisa dimanfaatkan untuk membantu meredakan batuk. Seperti beberapa bahan alami berikut yang sudah sering dijadikan obat batuk berdahak.

Teh jahe hangat

Jahe sudah sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai obat herbal. Jahe dikenal dengan sensasi hangatnya yang membuat tubuh lebih rileks. Bahan herbal ini pun bisa dimanfaatkan untuk meredakan batuk berdahak. Caranya adalah dengan mengiris tipis jahe dan kemudian dimasukan ke air panas. Tunggu agar suhu air turun dan Anda bisa meminumnya untuk mengatasi batuk berdahak. Anda juga bisa menambahkan dengan sedikit madu agar rasanya tidak terlalu menyengat. Jika menggunakan gula, sebaiknya dalam takaran sedikit saja.

Air jeruk nipis

Cara menghilangkan batuk berdahak secara alami bisa dilakukan dengan membuat minuman hangat dari jeruk nipis. Buah kecil dengan kulit hijau tersebut sudah lama diandalkan sebagai obat batuk alami. Anda bisa memeras jeruk nipis dan mencampurnya dengan air hangat serta madu. Aduk dan minum setelah air menjadi lebih hangat. Jeruk nipis ini cukup efektif untuk membantu mengencerkan dahak yang susah keluar. Selain dengan madu, cara mudah lainnya adalah menggunakan kecap. Taruh perasan jeruk nipis ke sendok dan beri beberapa tetes kecap. Aduk dan langsung diminum.

Belimbing wuluh

Belimbing wuluh memiliki ukuran yang lebih kecil dari belimbing biasa. Walaupun kecil, belimbing wuluh cukup efektif untuk mengatasi batuk berdahak. Buah kecil dengan rasa masam ini bisa dibuat menjadi obat herbal untuk mengencerkan dahak. Caranya cukup mudah dengan merebus belimbing ditambah gula sedikit. Saring air rebusan tersebut dan tunggu untuk suhunya turun. Minum air rebusan belimbing wuluh tersebut dua kali sehari. Cara menghilangkan batuk berdahak dengan belimbing wuluh ini bisa menjadi pilihan selain menggunakan obat kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *