Daftar Makanan Sehat Untuk Anak

makanan sehat untuk anak

KesehatanIndonesia.com – Anak-anak memerlukan nutrisi yang cukup untuk membantu tumbuh kembang mereka lebih optimal. Apalagi anak-anak masih dalam masa pertumbuhan, jangan sampai makanan anak justru malah membawa pengaruh buruk bagi kesehatan mereka. Berikut ini beberapa makanan sehat untuk anak yang dapat Anda coba berikan.

  1. Telur

Terdapat kandungan protein yang tinggi di dalam telur. Telur cocok digunakan sebagai menu sarapan agar anak tidak lemas saat menjalani aktivitasnya. Dalam sebuah telur juga terdapat vitamin D yang membantu penyerapan kalsium.

  1. Oatmeal

Bentuknya memang seperti bubur, namun oatmeal bukan bubur. Oatmeal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, baik untuk pencernaan.

  1. Buah-buahan

Sudah banyak diketahui orang kalau buah-buahan mengandung berbagai macam vitamin dan serat yang mampu menunjang gizi anak. Berikan buah segar dan bersih untuk konsumsi harian anak.

  1. Kacang-kacangan

Dalam sebuah kacang-kacangan, terdapat lemak baik yang dapat menunjang kesehatan jantung. Mengkonsumsi kacang ini juga baik untuk melatih kekuatan gigi anak.

  1. Susu

Kalsium dan protein dalam susu baik untuk perkembangan otak dan tulang anak.

  1. Tahu

Bahan dasar dari sebuah tahu adalah kacang kedelai. Dalam sebuah tahu juga terdapat kandungan protein yang tidak kalah banyak dengan telur.

  1. Tomat

Ada senyawa bernama lycopene dalam sebuah tomat. Tomat dapat dijadikan sebagai olahan makanan untuk anak secara harian. Namun jangan terus-terusan memberikan tomat sebab anak akan bosan.

  1. Yoghurt

Ada bakteri baik yang menyehatkan dalam yoghurt. Mengkonsumsi yoghurt bisa membuat pencernaan anak baik-baik saja.

  1. Cokelat

Mungkin banyak orang tua yang tidak memperbolehkan anaknya memakan coklat, namun ada baiknya untuk sesekali memberikan coklat pada anak. Pilihlah coklat yang gelap, sebab semakin gelap sebuah coklat maka semakin tinggi pula kandungan Flavunoid di dalamnya. Kandungan tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut dan kulit.

Beberapa makanan sehat untuk anak tadi dapat Anda olah sesuai selera agar anak lebih suka memakannya. Namun pengolahannya harus tepat agar kandungan gizi tidak hilang begitu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *