Penyebab Bayi Muntah yang Wajib Orangtua Ketahui

penyebab bayi muntah

Kesehatanindonesia.com – Penyebab bayi muntah sangatlah beragam. Pada umumnya, muntah pada bayi memang sudah sering terjadi dan dapat segera sembuh tanpa ada perawatan khusus. Meski demikian, mempelajari dan mengetahui penyebab pasti dari muntah tersebut harus diketahui oleh para orang tua. Hal ini sangat penting, mengingat penanganan secara cepat dan benar perlu untuk dilakukan. Anda yang sudah memiliki bayi pasti sudah tak asing dengan istilah gumoh. Peristiwa ini akan berkurang intensitasnya seiring bertambahnya usia. Namun, apabila gumoh atau muntah terus menerus terjadi dan semburannya kuat, maka Anda perlu waspada dan segera menghubungi dokter. Bisa jadi, anak Anda sedang mengalami gejala dari penyakit yang serius atau berbahaya. Lantas, apa saja penyebab muntah pada bayi yang sering mengintai? Berikut 3 sebab yang wajib Anda ketahui.

  1. Adanya Infeksi

Jika muntah yang bayi Anda alami disertai dengan diare, muntah hingga sakit perut, maka kemungkinan muntah tersebut bisa disebabkan oleh adanya infeksi perut atau usus oleh virus atau bakteri. Beberapa jenis virus seperti enterovirus, norovirus, rotavirus, serta adenovirus bisa menjadi pemicu gastroenteritis yang jadi salah satu penyebab bayi muntah. Selain itu, infeksi lain seperti infeksi pada saluran kemih otitis media, usus buntu, sistem pernafasan, dan juga meningitis juga bisa menyebabkan muntah.

  1. Hypertrophic pyloric stenosis

Ini merupakan penebalan otot di bagian dinding perut. Akibat penebalan otot ini, makanan yang seharusnya masuk ke usus akan terhambat lajunya. Oleh karena itu, bagian yang menyempit harus dibuka dengan jalan operasi. Anda harus bergegas menghubungi dokter jika bayi atau anak Anda muntah hebat yang berlangsung cukup lama sekitar 15 hingga 30 menit.

  1. Refluks asam lambung

Refluks asam lambung terjadi saat terlalu rileksnya otot di ujung bawah esofagus sehingga isi perut kemungkinan akan kembali naik. Anda bisa mengatasi penyakit dan meredakan gejala muntahnya dengan sering membuat bayi bersendawa sesering mungkin, tidak memberikan makanan dengan porsi yang berlebih. Jika cara tersebut masih kurang efektif, maka cara amannya segera hubungi dokter. Refluks asam lambung ini merupakan penyebab bayi muntah yang ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *