Perbandingan Kredivo vs Dana Rupiah, Mana Paling Mudah?

Sangat menarik jika melihat perkembangan kredit online cicilan bulanan yang kini bukan hanya untuk kebutuhan konsumtif saja, tetapi juga untuk kebutuhan lain sepert biaya pendidikan, modal usaha, sampai dengan kebutuhan personal. Hal tersebut tercermin dari produk yang ditawarkan oleh Dana Rupiah serta Kredivo.

Nah, lalu kira-kira mana yang paling mudah dengan bunga yang paling rendah? Yuk simak saja ulasannya sampai akhir supaya kamu bisa mengetahui gambaran yang jelas tentang perbandingan produk keduanya sampai memutuskan untuk memilih yang paling sesuai.

Bunga Kredivo vs Dana Rupiah, mana paling rendah?

Sekalipun punya banyak produk seperti cicilan bulanan untuk belanja online dan offline, pinjaman tunai, serta pembayaran tagihan, kredivo tetap memberikan bunga flat atau tetap sebesar 2,6% per bulan, atau 31,2% per tahun. Perbedaannya hanya pada pinjaman tunai yang akan dikenai biaya admin sebesar 6%, itupun diambil dari total pinjaman dan akan dipotong dimuka. Anggap saja sebagai pengganti uang muka!

Sementara Dana Rupiah memiliki tiga produk pinjaman yaitu pinjaman personal, pinjaman produktif, dan juga pinjaman pendidikan. Jadi, masing-masing produk itu bunganya berbeda-beda. Untuk bunga pinjaman personal dipatok 0,8% per hari atau sekitar 24%.

Sedangkan untuk pinjaman produktif seperti modal usaha bunganya sebesar 36% per tahun ditambah dengan 8% biaya platform. Sementara untuk bunga per bulannya kurang lebih sekitar 3%. Namun khusus pinjaman produktif Dana Rupiah ini baru dapat dinikmati oleh para petani dalam memenuhi kebutuhan usahanya dengan memanfaatkan pinjaman berbasis online dengan proses yang cukup mudah. 

Keunggulan Kredivo vs Dana Rupiah

Kredivo memberikan kredit limit sampai dengan Rp30 juta per member. Jadi, tidak semua member akan mendapatkan limit yang sama, tetapi berbeda-beda disesuaikan dengan analisa awal pada saat pengajuan pendaftaran member. 

Sementara Dana Rupiah memberikan maksimal batas kredit sebesar Rp8 juta dengan tenor pinjaman lebih dari 91 hari. Selain itu Dana Rupiah juga menetapkan biaya admin sebesar 10,5% dari pinjaman pokok. 

Dari perbandingan tersebut mamang pasti akan ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, pada dasarnya keduanya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan usaha, dagang, pernikahan, pendidikan sampai dengan biaya pengobatan. 

Proses pendaftaran Kredivo vs Dana Rupiah

Untuk mendapatkan pinjaman dari Kredivo, kamu harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran menjadi member premium. Jika permohonan disetujui, kamu bisa menggunakan seluruh kredit limit untuk usaha, belanja, bayar berbagai tagihan bulanan supaya semua pembayaran terintegrasi menjadi satu platform pembayaran.

Syarat yang wajib dipenuhi sebagai member seperti berikut ini:

  • Berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia antara 18 sampai 60 tahun.
  • Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.
  • Berpenghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Sementara untuk Dana Rupiah, memiliki persyaratan seperti KTP, usia di atas 18 tahun atau sudah menikah, verifikasi wajah, informasi bank, kartu tanda karyawan, informasi kontak keluarga/teman dan beberapa proses pendaftaran lainnya. 

Itulah ulasan singkat perbandingan antara Kredivo dan Dana Rupiah. Kedua fintech ini sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sehingga semua transaksi pasti akan menggunakan enkripsi sehingga data-data debitur tetap aman. 

Jika ingin mendapatkan produk kredit online cicilan bulanan bisa menimbang-nimbang antara Kredivo dengan Dana Rupiah. Selain itu prosesnya juga tanpa kontak sama sekali dan sesuai dengan protokol kesehatan di era new normal. Pastikan kamu benar-benar mengunduh aplikasi resminya supaya data-data tetap aman dan tidak mudah dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *