Mengetahui Harga Kacang Panjang dan Kandungan yang Ada di Dalamnya

main image

Kacang panjang merupakan salah satu tanaman yang bisa dijadikan sayur atau lalapan. Tanaman satu ini tumbuh dengan cara melilit atau memanjat. Kacang panjang yang digunakan yaitu bagian yang masih muda dan seratnya masih lunak. Walaupun harga kacang panjang cukup murah namun kandungan di dalamnya memiliki banyak manfaat.

Kacang panjang memiliki kandungan di dalamnya yang dapat memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaat yang diberikan oleh kacang panjang yaitu untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah penjelasan mengenai kandungan dan manfaat yang diberikan oleh kacang panjang untuk kesehatan tubuh.

Kandungan yang Terdapat pada Kacang Panjang

  1. Karbohidrat

Kacang panjang memiliki kandungan karbohidrat, tetapi kandungan indeks glikemik yang lebih rendah dari jagung. Hal ini berarti jika kacang panjang tidak akan menimbulkan peningkatan kadar gula secara drastis. Kacang panjang salah satu sayuran yang memiliki kandungan jenis karbohidrat kompleks.

Kandungan karbohidrat kompleks ini memiliki arti jika tubuh memerlukan waktu yang lebih lama dalam mencernanya sehingga kandungan gula darah dalam tubuh tetap stabil. Menurut peneliti, jika setiap 100 gram kacang panjang mengandung 47 kalori; 8,3 gram karbohidrat; 2,8 gram protein, 0,4 gram lemak & 0 gram kolesterol.

  1. Serat

Kacang panjang juga kaya akan kandungan serat. Oleh karena itu, kacang panjang dapat membantu memperlambat proses pencernaan karbohidrat sehingga kadar gula darah dalam tubuh dapat stabil untuk waktu yang lebih lama. Serat dalam kacang panjang juga bermanfaat meningkatkan respons insulin terhadap gula.

AHA (American Heart Association) mengungkapkan jika serat yang terkandung dalam kacang panjang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Semakin rendah kandungan kolesterol jahat dalam tubuh, maka semakin kecil juga risiko penyakit jantung, stroke dan obesitas.

  1. Protein

Kacang panjang merupakan salah satu jenis sayuran yang menjadi sumber protein nabati yang berfungsi untuk membangun sel-sel dalam tubuh. Makanan yang mengandung protein tinggi dapat membuat rasa kenyang yang lebih lama, sehingga dapat menurunkan risiko makan yang berlebih dan obesitas.

Menurut ADA (American Diabetes Association), jika sebanyak setengah cangkir kacang panjang setara dengan 1 ons daging tanpa lemak jenuh.

  1. Vitamin dan Mineral

Selain mengandung karbohidrat, serat dan protein, kacang panjang juga mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam kacang panjang diantaranya vitamin A, C, B kompleks, folat, zat besi, kalium, magnesium, kalsium dan mangan.

Kandungan vitamin C dan mangan pada kacang panjang yang tinggi berperan sebagai antioksidan. Antioksidan ini berperan dalam membantu tubuh dalam melawan dampak buruk dari radikal bebas.

Setelah mengetahui kandungan yang terdapat pada kacang panjang, adapaun manfaat kacang panjang untuk kesehatan tubuh. Walaupun kacang pajang memiliki harga yang cukup murah namun ia memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat kacang panjang untuk kesehatan.

  1. Meringankan nyeri haid
  2. Menyehatkan kulit
  3. Baik untuk kesehatan jantung
  4. Mencegah kanker
  5. Mengurangi risiko asam urat
  6. Menurunkan kadar glukosa
  7. Mencegah kecacatan 

Dapat disimpulkan bahwa kacang panjang mengandung karbohidrat, serat, protein, vitamin dan mineral. Kandungan-kandungan inilah yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, ada baiknya jika makan tidak melupakan sayur yang satu ini.

Nah, itulah penjelasan mengenai kandungan yang terdapat pada kacang panjang dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Meskipun harga kacang panjang cukup murah, namun kacang panjang memiliki banyak khasiat terutama pada kesehatan tubuh. Semoga informasi ini dapat membantu Kamu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply